Blog for visual artists, art students & enthusiast

August 13, 2006

Ron Mueck

Filed under: Article — bloodyathena @ 9:01 am

“I never made life-size figures because it never seemed to be interesting. We meet life-size people every day.” _Ron Mueck

Gara-gara seneng sama karya Jane Alexander, “The Butcher Boys”, saya jadi inget karya Ron Mueck yang memukau karena bagus banget sekaligus agak mengerikan. Ini artikel dari Wikipedia yang saya terjemahkan cepat. Ron Mueck (lahir 1958) adalah seorang pematung hyperrealist kelahiran Melbourne, Australia yang sudah lebih dari 20 tahun bekerja di Inggris. Karir yang ditekuni pada awalnya adalah membuat model dan boneka untuk program televisi dan film anak-anak. Dia tercatat terlibat dalam pembuatan film “Labyrinth” di mana ia juga mengisi suara untuk karakter Ludo.


“Dead Dad”, Royal Academy of Arts, London, 1997

Mueck pindah untuk membuat perusahaannya sendiri di London, membuat properti yang photo-realistic dan animatronics (robot yang digerakkan dengan mekanisme elektronik sehingga bisa teranimasi seperti hidup) untuk industri periklanan. Walaupun dibuat dengan begitu rinci, properti-properti tersebut dirancang untuk difoto dari satu sudut saja dengan menyembunyikan konstruksi yang berantakan yang ada di sisi lain. Mueck segera berambisi untuk membuat patung realistik yang nampak sempurna dari semua sudut.


“Boy”, Venice Biennale, Italy, 2001

Tanpa pendidikan formal, Mueck mengambil jalur seni rupa pada tahun 1996, berkolaborasi dengan ibu mertuanya, Paula Rego. Mueck bertugas membuat beberapa patung kecil sebagai bagian dari diorama yang dipamerkan Paula di Hayward Gallery. Paula kemudian memperkenalkan Mueck pada Charles Saatchi yang seketika terkesan lalu mengkoleksi dan memesan karya-karyanya. Hal ini menghantarkan lahirnya sebuah karya yang melambungkan namanya, “Dead Dad”, yang dimasukkan dalam pameran kontroversial: “The Sensation”, setahun kemudian. “Dead Dad” adalah karya yang agak menakutkan, sebuah patung silikon mix-media berwujud mayat ayahnya sendiri dengan ukuran dua pertiga aslinya. Hanya pada karya inilah Mueck menggunakan rambut aslinya untuk melengkapi karya patungnya.


“Pregnant Woman”, National Gallery, London, 2003

Karya-karya patung Ron Mueck mereproduksi semua rinci sampai yang paling kecil dari tubuh manusia (termasuk semua jenis rambut halus) namun memainkan skala untuk menghasilkan citraan visual yang aneh dan mengganggu. Mueck tidak pernah membuat patung manusia dalam ukuran ‘asli’. Karya patung setinggi 5 meter, “Boy”, dipamerkan di Millenium Dome, London, untuk kemudian ditampilkan dalam Venice Biennale 2001. Pada tahun 2003, karyanya yang berjudul “Pregnant Woman” dikoleksi oleh Galeri Nasional Australia, Canberra, seharga kurang lebih 4 milyar rupiah. Karya ini dibuat selama 3 bulan, selama Mueck menjalani program residency di Galeri Nasional London. Informasi lebih lanjut mengenai pembuatan karya “Pregnant Woman” bisa dilihat di sini.

“There’s no denying that I have more information readily at hand when I have a live model. Even when I have had a model, however, what I have to do in the end is to consciously abandon the model and go for what feels right.” _Ron Mueck. Artist’s quotes taken from Sarah Tanguy, ‘A conversation with Ron Mueck’ in Sculpture Magazine, vol.22, no.6, July/August 2003

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.